Cara agar Smartphone kamu terhindar dari Virus Malware


Halo kembali lagi dengan postingan saya kali ini saya akan membahas dan membagikan cara agar Smartphone kamu terhindar dari Virus malware. tapi, sebelum itu kita jelasin dulu apasih Virus malware itu?

Malware yaitu singkatan dari Malicious Software, sebuah program jahat yang dapat menyusup dan merusak sistem komputer atau smartphone kalian. dan Malware ini dibuat oleh manusia atau bisa disebut dengan Hacker yang tentunya sangat paham dengan perangkat lunak. Malware tersebut juga banyak jenisnya, seperti :
  1. Virus
  2. Trojan Horse
  3. Worm
  4. Spyware,Scareway,Adware dan banyak lagi
Ciri-ciri Smartphone yang terkena Virus :
  1. Lemot/hang saat mengoprasikan sistem android
  2. Masuknya aplikasi tak dikenal
  3. Aplikasi terdownload sendiri
  4. tidak dapat menjalankan aplikasi dengan baik
  5. Rusaknya sistem pada android dan masih banyak lagi 


Lalu bagaimana agar terhindar dari Malware tersebut?

1.Gunakan Aplikasi keamanan

Biasanya, pada Smartphone tertentu akan ada aplikasi bawaan Keamanan atau pemindaian Virus. ini sangat penting sekali kalian gunakan untuk mencegah masuknya virus pada Smartphone yang kalian gunakan. namun apabila tidak ada aplikasi keamanan bawaan di smartphone kamu, kamu bisa mendownload Aplikasi keamanan terpercaya di Google Play Store.


2.Rajin membersihkan Sampah chache memori

Cara ini juga efektif untuk menghindari masuknya Virus ke smartphone yang kalian gunakan. karena dengan membersihkan sampah chache dalam memori akan mencegah sistem yang tak dikenal masuk kedalam memori smartphone kalian. kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan smartphone kalian atau bisa juga dengan cara masuk ke setelan - pilih App - lalu pilih aplikasi yang ingin dibersihkan chacenya - lalu pilih Hapus chache. dengan rajin membersihkan sampah file dan chache pada smartphone kalian maka smartphone kalian akan terasa ringan dan tidak banyak memakan penyimpanan internal smartphone.

 

3.Tidak menginstall Aplikasi dari luar

ini sangat sering terjadi pada saat kita tergiur dengan Aplikasi dari luar Playstore, pada saat kita menjelajahi internet menggunakan Browser. saat kita mendownload aplikasi dari luar, kita tidak tau apakah Aplikasi itu aman untuk di instal di Smartphone kita? karena sekarang banyaknya aplikasi yang sudah dimasukkan Virus kedalam data sistemnya untuk merusak perangkat Android yang kita gunakan. jadi berhati-hatilah saat mendownload aplikasi dari luar Playstore.

4.Gunakan Browser yang memiliki AdBlock

Saat kita menjelajahi internet melalui Smartphone kita, biasanya akan banyak muncul iklan-klan. saya saranin kalian harus menggunakan Browser yang memiliki Adblocknya agar Smartphone kalian aman dari iklan-iklan berbahaya contohnya seperti ini :

 














kalau muncul Peringatan sepeti itu, jangan takut dan jangan Panik! Abaikan saja dengan menutup Tab jendela browser tersebut.

lalu bagaimana dengan Smartphone yang sudah terlanjur terkena virus ciri-ciri diatas tersebut? Biasanya, ada orang yang mereset ulang Smartphonennya atau Kembali ke pengaturan awal. namun sayangnya cara ini tidaklah bisa menghindari dari Virus tersebut. pengalaman saya yang pernah menerima Smartphone yang terkena virus apabila direset maka Virus itu akan tetap menempel disistem android kita. satu-satunya cara yaitu Instal ulang smartphone kita.

Hem , mungkin itu saja cara menghindari agar smartphone kita tidak terserang oleh virus. semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Berkomentar yang sopan dan baik