Prosesor pada Smartphone yang Familiar saat ini

              

               Kumpulan Prosesor Familiar yang                       tertanam pada Android

 

                                         

yapp, artikel kali ini saya akan membahas mengenai Prosesor yang tertanam dalam Android.
sudah tahu belum prosesor apa saja yang digunakan dalam Smartphone berbasis Android? 
simak penjelasan berikut.


1.Prosesor Qualcomm



pernah dengar nama chipset ini ga? yaa, Prosesor Qualcomm ini berasal dari Amerika Serikat. perusahaan publik asal Amerika Serikat (Qualcomm Incorporated NYSE: QCOM). 
Keunggulan dari Prosesor ini yaitu dengan single-core maupun dual-core saja memiliki kecepatan clockspeed 1.4Ghz. untuk prosesor andalan Qualcomm Snapdragon 200,414,636,800 dan seterusnya. yakni sampai sekarang ini prosesor Qualcomm Snapdragon menciptakan tingkatakan kecepatan clockspeednya hingga 2.0Ghz sampai2.5Ghz  Octa-core dan Hexa-core. kebayangkan kecepatannya seperti apa. kelebihannya lagi prosesor Qualcomm Snapdragon ini sangat multitasking sekali untuk browsing, media apalagi Game. dan juga tidak mudah panas saat melakukan multitasking pada smartphone kita.


2.Prosesor Mediatek

 


nah, prosesor yang kedua ini adalah Mediatek yang berasal dari Taiwan berkantor pusat di Hsinchu.perusahaan yang memiliki 25 kantor diseluruh dunia berbagai perancang IC fabless terbesar ketiga didunia pada tahun 2006. pada tahun 1997 MediaTek menciptakan solusi chipset untuk pasar Global. Prosesor yang biasa disingkat sebagai MTK ini biasanya banyak kita jumpai pada smartphone kelas entry level yang menggunakan chipset single-core dan dual core seperti MT6573, MT6577T dan MT6572M.
 untuk smartphone kelas premium Mid-end hingga High-end chipset yang dipakai adalah Mediatiek Helio P10, X10 dan MT6569 yang telah ditanamkan teknologi Octa-core. Prosesor mediatek memiliki keunggulan dari segi Multimedia, dari Kamera, Video, dan multitasking lainnya. untuk kelas mid-end dan high-end mampu menyediakan kualitas gambar 3D.


3.Exynos


apakah kalian pengguna smartphone Samsung? yaa, Exynos adalah chipset yang dikembangkan oleh Samsung. Perusahaan Samsung Electronics ini juga memiliki divisi pengembangan SoC (System on Chip). kalian bisa jumpai prosesor Exynos ini pada tipe samsung kelas atas seperti Samsung galaxy J7,S6 Edge+,Galaxy note 5,dan Galaxy Note 8 - Note 8+ dan lainnya.
 untuk kelebihan prosesor Exynos ini adalah lebih hemat daya dengan  menggunakan Ultra Saving Mode dengan peforma yang lumayan tinggi juga dapat mengoptimalkan daya untuk pemakaian yang lebih lama. untuk kecepatan Clockspeednya saat ini Exynos memiliki kecepatan 1.6Ghz , 1.9Ghz sampai 2.5Ghz dan mempermudah Multitasking pada Smartphone samsung yang kita gunakan. selain itu Proseser Exynos ini juga dilengkapi dengan sensor Gyroscope yang jernih untuk VR(Virtual Reality) pada Samsung Gear VR.


4.Intel


Intel Corporation, perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat. Prosesor Intel ini biasa kita jumpai pada Smartphone Asus. namun sayangnya, untuk Asus Zenfone 3 max sudah tidak memakai Prosesor Intel lagi. yaa, pada Zenfone pertama Intel membekali prosesor dual-core intel atom. dan juga intel atom pada zenfone tersebut diperkuat oleh grafis GPU bertenaga dan memori 64-bit.

berikut penjelasan singkat dari saya mengenai Prosesor yang familiar saat ini, semoga bermanfaat dan menambah ilmu wawasan untuk kita semua.

 

 

No comments:

Post a Comment

Berkomentar yang sopan dan baik